SSD (Soal Sering Ditanya)

Anda dapat melaporkan pengaduan dengan cara memilih menu “Buat Aduan” pada halaman Beranda dan mengisi seluruh isian pertanyaan yang ada. Setelah itu kode verifikasi akan dikirimkan ke nomor telepon seluler Anda (Whatsapp aktif). Harap simpan kode verifikasi tersebut.

Kode verifikasi adalah nomor pendaftaran atas pengaduan yang Anda laporkan dalam layanan pengaduan ini. Setiap satu pengaduan yang masuk akan mendapat satu kode verifikasi dan bersifat rahasia. Kode verifikasi ini akan digunakan untuk melacak dan mengecek status penanganan aduan Anda.

Anda dapat melacak aduan yang sudah Anda masukkan dengan cara memilih Tracking Aduan (Lacak Aduan) kemudian memasukkan kode verifikasi dan nomor telepon seluler (Whatsapp aktif) yang sudah Anda daftarkan dalam aduan.

Layanan Advokasi Bagi Penghayat Kepercayaan dan Masyarakat Adat adalah sinergi antar Kementerian/Lembaga terkait dalam Wadah “Tim Koordinasi” dalam penanganan persoalan dan penyusunan/pembuatan kebijakan yang terkait dengan penghayat kepercayaan dan masyarakat adat.

Penghayat Kepercayaan terhadap Tuhan YME adalah setiap orang atau organisasi yang mengakui dan meyakini nilai-nilai penghayatan kepercayaan terhadap Tuhan YME

Masyarakat Adat adalah sekelompok orang atau organisasi yang hidup secara turun temurun di wilayah geografis tertentu, memiliki asal usul leluhur dan/atau kesamaan tempat tinggal, identitas budaya, hukum adat, hubungan yang kuat dengan tanah dan lingkungan hidup, serta sistem nilai yang menentukan pranata ekonomi, politik, sosial, budaya dan hukum.

Layanan Advokasi yang diberikan oleh Tim Koordinasi bersifat Non Litigasi (di luar proses peradilan) dan Litigasi (melalui proses peradilan). Layanan Advokasi Litigasi merupakan alternatif terakhir dan diberikan secara terbatas pada upaya hukum perdata dalam hal pihak tergugat atau turut tergugat bukan institusi Pemerintah/Negara setelah melalui proses penelaahan dan pemeriksaan mendalam atas kasus/persoalan yang diadukan.

Pengaduan yang Anda berikan akan segera direspon dan terupdate secara otomatis sesuai dengan perkembangan penanganan aduan dari Tim Koordinasi. Sebagai catatan, pengaduan Anda akan lebih mudah ditindaklanjuti apabila memenuhi unsur pengaduan.

Uraikan aduan secara jelas dan lengkap. Sebutkan kronologi kasus yang hendak diadukan, sebutkan periode waktu, lokasi peristiwa, pihak yang terlibat, dan latar belakang kasus dalam aduan tersebut. Lampirkan bukti pendukung seperti dokumen, foto, dan video singkat bila ada